Pelajaran, Teknologi, Motivasi dan Catatan

Cara Menghadapi dan Mengatasi Sikap Malas

Edisi curcol

         Ceritanya nih, besok mau Ujian, dan sampai detik ini jam 02.48 dini hari, belum tidur dan belum membuka materi untuk belajar besok , "kamu udah pinter ya, enggak belajar ? " kata salah satu teman kos. Ya elah, saya tidak sepandai itu. Alasan saya karena sedang bosan. Karena bosan, dan menyebabkan saya jadi malas . Udah usaha dengerin ceramah habib, dengerin murotal, dengerin kata Mario Teguh masih belum bisa menghilangkan rasa malas saya sampai sekarang, akhirnya saya menulis artikel ini, dan semoga bermanfaat untuk temen-temen yang kebetulan lagi senasib sama saya. Semoga bisa membantu menghilangkan rasa malas. 



Pengertian 

Menurut KBBI , Malas adalah tidak mau bekerja atau mengerjakan sesuatu.
          sumber : http://kbbi.web.id/malas 

           Segala sesuatu biasanya ada sebabnya, salah satunya malas. Kata om Mario Teguh dari hasil Streaming di youtube, untuk menghilangkan rasa malas, pertama harus tau dulu penyebabnya apa. 

Berikut penyebab malas yang paling sesuai menurut gue B-) : 

1. Kita lebih tertarik dengan hal-hal yang lebih asik  
www.pinterest.com

             Gadget, Laptop, PS dan hal-hal lain yang membuat kita lebih tertarik untuk menunda pekerjaan. Pekerjaan tertunda kemudian berharap pekerjaan akan selesai dengan sendirinya. (nggak masuk akal woi, haha) oke *abaikan . 

2. Terlalu banyak yang dipikirkan 

www.jazeratsai.com

            Hidup di dunia memang tidak semudah yang dilihat oleh orang lain, kita punya segudang aktivitas tugas dan pekerjaan. Punya banyak pikiran dapat membuat seseorang bingung mau mengerjakan yang mana dulu, dan akhirnya malah terlalu memikirkannya dan tidak melakukan tindakan apapun (wiih bahaya ini, waktu terbuang sia-sia).

3. Karena belum ada kesungguhan hati untuk berkomitmen disiplin 

digitalbloggers.com

            Hihihi, hayoooo siapa yang belum berkomitmen mulai detik ini untuk belajar disiplin ?, tubuh manusia gampang di atur, coba saja, biasakan bangun jam 03.00 selama 5 hari berturut-turut, insya Allah akan jadi kebiasaan :D, yaa sekitaran jam segitu anda terbangun. Tetapi membiasakannya itu yang memang tidak selalu bisa.
           Terkadang, ada sifat untuk menyepelekan, "ah ini bisa di kerjakan nanti" , "kerjain nanti deh 1 jam lagi". Pepatah mengatakan "now or never" <= 3 kata singkat, padat dan jelas mengerikan 
            Percaya pada dirimu sendiri kalo kamu bisa untuk disiplin mulai sekarang.

4. Faktor pergaulan

ngerjain tugas kelompok, selfie dulu..

            Bergaul sama orang yang sama-sama malas, kita bisa terbawa suasana atau hasutan-hasutan untuk berlaku malas. Padahal kalo pengendalian diri kita kuat, kita bisa tahan, karena "lingkungan bisa mempengaruhi hal hal buruk, tetapi diri kita sendirilah yang mengijinkan kita untuk mengikutinya atau menolaknya" 


Solusi untuk menghadapi malas


1. Sadari pentingnya waktu

www.youtube.com

             Pernah mendengar "time lost can't be found again" atau "waktu yang hilang tak akan ditemukan lagi" , waktu adalah uang, uang terbatas, jadi kita harus mengaturnya, begitupun waktu juga terbatas dan kita harus belajar untuk mengaturnya.
             Lakukan sesukamu sekarang, dan kau rasakan esok hari, waktu nggak akan pernah kembali. Jadi, lakukan sesuatu dengan segera, orang yang cerdas adalah orang yang mampu mengisi hari-harinya dengan amal kebaikan, mengisi hidup yang ada dan bermanfaat untuk dirinya maupun untuk orang lain. Sebaik-baik nya manusia ialah dia yang bermanfaat untuk orang lain. 
            Jangan sampai anda menyesal karena menyia-nyiakan waktu.   

2. Bergaul dengan teman yang baik

abaikan tenses, atau kata-kata yang tidak tepat dalam percakapan

            Masalah pergaulan nih, ya, manusia adalah makhluk sosial, yang artinya manusia membutuhkan orang lain. Jika suatu saat mood sedang turun, kita memerlukan seorang teman yang mampu untuk menaikkan motivasi kita, menaikkan mood kita untuk mengerjakan sesuatu dan menghindari rasa malas. 
            Apalagi nih kalo yang nyemangatin orang orang special *ups . Teman yang baik, selalu menyemangati dan mengajak kita ke dalam hal-hal kebaikan.  

3. Bersegeralah menepisnya dengan kegiatan yang bermanfaat


            Mau tidak mau, kendalikan dirimu sendiri, paksa untuk melakukan aktivitas atau kegiatan yang bermanfaat tentunya, kegiatan yang menjadi prioritas, seperti mencicil belajar, atau nyicil tugas dan sebagainya. 

4. Berdoa

vandava-comic.blogspot.com

            Hal terakhir, jangan lupa sama yang Maha Pencipta untuk meminta pertolongan padanya dari godaan godaan musuh Adam a.s . 

Mulai sekarang, kalahkan dirimu sendiri, kecuali yaa kalo kamu mau menjadi manusia yang rugi karena selalu menyianyiakan kesempatan
Tag : Motivasi
0 Komentar untuk "Cara Menghadapi dan Mengatasi Sikap Malas"
Back To Top