Pelajaran, Teknologi, Motivasi dan Catatan

Yang dibutuhkan di Pasar Kerja Negara Indonesia Soft skill dan Hard skill


              Apakah anda sedang mencari kerja ? Mencari kerja untuk mendapatkan modal bisnis ? Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari ? dan ada banyak alasan kenapa orang-orang ingin bekerja. Bisa untuk mendapatkan uang, mencari pengalaman, mencari teman dan sebagainya.

              Berikut ini adalah daftar kemampuan yang diperlukan di pasar dunia kerja , ternyata pasar dunia kerja lebih didominasi oleh kemampuan soft skills , untuk kalian, jangan menunda nunda lagi, latihlah soft skills kalian mulai dari sekarang .



http://eprints.uny.ac.id/


1. Soft Skill

                 Menurut Elfindri dkk (2011: 67), soft skills didefinisikan sebagai berikut:
               
Soft skills merupakan keterampilan dan kecakapan hidup, baik untuk sendiri, berkelompok, atau bermasyarakat, serta dengan Sang Pencipta. Dengan mempunyai soft skills membuat keberadaan seseorang akan semakin terasa di tengah masyarakat. Keterampilan akan berkomunikasi, keterampilan emosional, keterampilan berbahasa, keterampilan berkelompok, memiliki etika dan moral, santun dan keterampilan spiritual.

                   Soft skills merupakan kemampuan-kemampuan dasar yang perlu ditumbuhkan dalam diri Anda, agar Anda dapat memotivasi diri dan orang lain, bertanggung jawab, membangun relasi, berkomunikasi, negosiasi, beradaptasi dengan lingkungan, berkreasi, berinovasi dan berwirausaha, memimpin, membangun kerjasama, mengelola sumber daya dan lain sebagainya. www.kompasiana.com

               Kemampuan soft skills  teorinya susah untuk di pelajari, kita akan lebih mudah mempelajari soft skills ini dari bagaimana cara kita bergaul dengan teman-teman, terjun ke organisasi / UKM , di situ akan menemukan masalah-masalah teknis dalam penyelesaian proker-proker dan mau dibawa kemana organisasi ini untuk menambah wawasan. Bagaimana cara bersikap, menahan emosi, bersabar, peduli dengan orang lain, bekerjasama, leadership, loyal .

               Kita bisa belajar kemampuan soft skill ini tidak hanya di dunia perkuliahan, tetapi juga di pelajari dirumah. Peran Lingkungan dan Keluarga memang penting, tetapi yang lebih penting adalah diri sendiri, dimana kitalah yang mengijinkan apakah hal-hal itu patut kita contoh ataukah tidak.

2. Hard skill

                Hard skill ( kemampuan akademik ) ialah kemampuan individu menguasai ilmu pengetahuan , teknologi yang berhubungan dengan bidang ilmunya . (alrinda.wordpress.com).

                Hard skills merupakan kemampuan spesifik yang dapat dipelajari di pendidikan format . (www.kompasiana.com)

               Selain softskill kita juga memerlukan hard skill yang dapat dijadikan kualifikasi kemampuan kita untuk berkontribusi dalam suatu bagian dari pekerjaan, kemampuan kita untuk menghasilkan sebuah produk, menghasilkan sebuah karya untuk perusahaan. Untuk mengembangkan Hard skills harus telaten berlatih berlatih dan terus berlatih , tidak hanya praktik, tetapi teori juga penting. Bagaimana kita bisa mempraktikkannya kalau tidak ada dasar-dasar teori yang dijadikan sebagai landasan ?


Pada dasarnya kemampuan Hard Skill dan Soft Skill penting untuk di asah. 2 kemampuan itu saling melengkapi antara satu dengan lainnya. Tanpa adanya Hard Skill tidak akan dapat menciptakan sebuah karya, tanpa adanya Soft Skill kemampuan komunikasi menjadi kurang . Jadi keduanya harus diasah mulai dari sekarang, semakin lama anda mengasahnya, dapat membuat anda menjadi pribadi yang lebih baik :) .


jika ada yang mau di tambahkan, silahkan komentar dibawah :)
Tag : Kuliah
0 Komentar untuk "Yang dibutuhkan di Pasar Kerja Negara Indonesia Soft skill dan Hard skill"
Back To Top